Senin, 07 Juli 2008

Kincir angin EGRA (energi gratis)

Dalam kehidupan tidak ada yang tlidak mungkin,selama kita mau berfikir ya itu yang terjadi seorang peteni yang ada di indramayu.dalam kekeringan kebun mangganya,dia berpikir untuk membuat energi dari angin,walaupun dari awalnya banyak hambatan tapi dengan tekun dan tidak putus asa dia mampu membuatnya.
yang saya ingin bahas adalah tentang membuatannya bagaimana bisa menghasilkan energi angin yang berguna.
Teknologi sederhana tersebut adalah sebuah kincir yang digerakkan angin, karena itu diberi nama kincir pompa air Egra. Nama Egra itu, katanya, merupakan kependekan dari energi gratis.Setelah dua bulan mencari, akhirnya ia menemukan gambar kincir angin. Selama dua minggu gambar itu berulang- ulang dibuat pada kertas untuk menemukan bentuk yang sempurna. Setelah itu, ia mengumpulkan bahan untuk membuat kincir angin berupa potongan besi dan aluminium. Sebagian komponen kincir angin itu dibeli di toko besi, sebagian lagi merupakan barang bekas.
Setelah dicoba ternyata berhasil. Air bisa disedot dengan menggunakan tenaga kincir angin. Total biaya yang dikeluarkan Rp 7 juta. Wujudnya, sebuah menara setinggi 10 meter untuk menempatkan kincir dengan diameter 2,5 meter.
Kincir pompa air Egra itu berputar sepanjang hari, dari pagi sampai malam. "Air yang keluar dari pompa air itu disalurkan ke lahan melalui parit sekeliling kebun. Air itu menyirami lahan lalu menyerap ke dalam tanah, selanjutnya dipompa lagi dan disiramkan lagi membasahi lahan, menyerap lagi, dan seterusnya. Dengan demikian, kekeringan teratasi oleh kincir pompa air Egra," paparnya seraya menambahkan, pipa di daerah Indramayu menyentuh permukaan air dengan kedalaman sekitar enam meter. Lalu pipa dipantek sedalam 12 meter agar dapat menyedot air untuk dinaikkan ke permukaan.
Hasan Hambali menyebutkan, pompa air Egra temuannya itu baru dipasang sekitar dua minggu yang lalu di kebun mangganya. Memang baru satu unit dengan kemampuan mengairi empat hektar.(PUN)

4 komentar:

GENKI mengatakan...

bagus nih tinggal di kembang kan ya
selamat berkreasi,

tak perlu banyak komen kan yg pasti saya salut setuju

Unknown mengatakan...

Saya tertarik dengan pompa kincir angin. ada nomor kontak. saya halija disul-sel. 085255481534

Yohan Maulana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yohan Maulana mengatakan...

mas/ba boleh minta tau alamat lengkap desa pompa itu di buat?
saya dari indramayu dan ingin bertanya dalam pembuatan pompanya.
email : yohanmaulanamail@gmail.com

trimakasih.