Kamis, 04 Desember 2008

1 LATAR BELAKANG

harga minyak bumi yang cadangannya pun terus menyusut mendorong pencarian sumber energi alternatif. Salah satunya adalah air, yang begitu melimpah di muka bumi ini. Bahan bakar dari air—disebut gas Brown—ketika dialirkan dalam mesin kendaraan bermotor bisa menghemat bahan bakar minyak hingga 59 persen.

Gas Brown yang dinamakan sesuai dengan penemunya, Yull Brown, yang berkebangsaan Australia, sesungguhnya adalah campuran gas hidrogen-hidrogen-oksigen yang dihasilkan dari sistem elektrolisa atau pengurai cairan. Dalam tabung elektrolisa itu dipasang kumparan magnetik untuk memecahkan campuran air destilasi dan soda kue hingga menjadi campuran gas hidrogen-hidrogen-oksigen (HHO).Hidrogen bersifat eksplosif dan oksigen yang mendukung pembakaran. Gas HHO ini dalam tabung elektrolisa yang dialirkan lewat selang masuk ke ruang bakar mesin dan akan bercampur dengan gas hidrokarbon dari BBM. Dengan cara ini BBM dapat dihemat dalam tingkat yang signifikan.

2 RUMUSAN MASALAH

Salah satu uji coba adalah touring kendaraan roda empat Jakarta-Cikarang yang menempuh jarak 112 kilometer. Untuk jarak itu, konsumsi BBM tidak lebih dari 5 liter. Seperti dilaporkan dalam buku Rahasia Bahan Bakar Air, uji coba pada Toyota Avanza, Mei lalu, menunjukkan efisiensi bahan bakar bisa sampai 40 persen atau 1 liter untuk 18 kilometer. Pada Mitsubishi L300 penghematannya sampai 94 persen atau dengan 1 liter bisa mencapai 23,3 kilometer.

Jadi proses elektrolisa yang dialirkan lewat selang masuk ke ruang bakar mesin dan akan bercampur dengan gas hidrokarbon dari BBM. Dengan cara ini BBM dapat dihemat dalam tingkat yang signifikan dan dapat menguntungkan bagi konsumen yang memakainya.

3 TINJAUAN PUSTAKA

Hydrogen adalah partikel yang sangat kecil,menghantam partikel lain,dan memotongnya menjadi partikel lebih kecil menjadi lebih kecil lagi. Sehingga apa yang terjadi adalah hydrogen ini memperkaya campuran bahan yang menjadikan kandungan oktannya (octan rating) meningkat dengan oksigen,dan mampu membakar lebih banyak dan lebih sempurna.

1

Komponen yang dibutuhkan untuk merakit bahan bakar air

No

Komponen Peralatannya

Jumlah

1

Botol atau topless

1

2

Plexyglass (MIKA) ukuran 7x15x0.6 cm

1

3

Kawat elektroda stainless steel type grade 316L,diameter 0,8mm

205cm

4

Kawat elektroda stainless steel type grade 304S,diameter 0,7mm

120cm

5

Mur ukuran 6 mm

2

6

Baut ukuran 10 mm

2

7

Ring plat ukuran 6 mm

2

8

Ring per ukuran 6 mm

2

9

Win nut ukuran 6 mm

2

10

Bubler coupling

2

11

Elbow fitting

2

12

Check valve

1

13

Clear vinyl vakum slang ukuran 6 mm

100 cm

14

Slang vacuum ukuran 8 mm

120 cm

15

Kabel ties

1 set

16

Sekiring 10A dan rumah sekiring

1

Bahan perlengkapan (Aksesoris)

Untuk melengkapi agar unit elektrolis air itu menjadi sempurna,maka diperlukan bahan pelengkap sebagai berikut:

No

Item

Jumlah

Keterangan

1

Selang vacum”VACHOSE ¼ 7/321.D”

2 buah

120 cm

2

Vacuum tee universal

1 buah

3

Kabel merah 14-GA

1 buah

105 cm

4

Kabel hitam 14-GA

1 buah

105 cm

5

Soda kue (sodium Bikarbonat)

500 gr

Untuk pemakaian selama 10 bulan

6

Butt terminal 16-14 AWG

2 buah

8 mm

7

Spade terminal 16-14 AWG

2 buah

8

Kabel ties

5-6 buah

Alat-alat yang diperlukan:

Sebelum kerja dimulai,idealnya alat-alat ini dipersiapkan sebagai berikut:

1. Tang jepit (long-nose) yang kecil.

2. Tang biasa yang ukuran ujungnya 12 cm.

2

3. Pemotong kabel.

4. Kunci pas 10 mm.

5. Bor listrik.

6. Mata bor:8 mm dan 6 mm-solder iron.

7. Mistar.

8. Kertas gosok (ampelas) yang tipis.

9. Terminal crmper (penjepit kabel skoen).

10. Lem power glue.

Prosedur merakit

Sebaiknya,sebelum anda merakit,kami sarankan menggunakan alat pengaman agar terhindar dari uap-uap (asap)beracun pada saat melakukan pengelasan,atau menggunakan perekat (strong glue). Selain itu dianjurkan untuk bekerja diruangan terbuka atau ruangan yang berventilasi baik.

Adapun tahap-tahap pengerjaannya dianjurkan sebagai berikut

Kumpulkan berbagai komponen yang diperlukan lihat tabel.

Pipa Stainless Steel

pipa stainless

Pipa stainless steel ini bisa dibeli di toko bahan bangunan. Panjang pipa stainless steel yang kita gunakan cukup 5 cm. kita buat 2 sebagai elemen positif dan negative.

Mur - Baut - Ring

bmr

3

Baut, mur dan ring ini gunanya untuk menyambung dengan pipa stainless steel. tidak usah dilas, diketok pake palu sudah cukup, usahakan beli baut mur ukuran 13, karena sesuai dengan pipa ukuran 5/8, contoh pemasangannya antara pipa stainless steel dan baut? lihatlah gambar di bawah:

Stainless Steel + Baut

murbaut

Gambar di atas antara baut sama pipa tidak dilas, hanya diketok pake palu. Nah kita sudah bisa memasangkan baut dengan pipa, saatnya kita pasangkan ke dalam botol.

Tabung / Botol

tabung

Pipa yang sudah dipasangi baut tadi kita pasang di dalam botol, lebih jelas lihat gambar berikut :

4

Posisi Memasang Stainless Steel

tabung2

Sebelum masang dibagian dalam beri ring sama seal tape,lalu disekrup dibagian luar, jika perlu beri ganjalan karet biar tidak bocor, usahakan pake lem power glue dan silikon, jarak antar pipa stainless steel mengikuti selera, bisa 2 cm, jangan terlalu dekat dan terlalu jauh.

Lem Silikon - Power Glue dan Seal Tape

lem dan st

Tahap selanjutnya kita mempersiapkan komponen lain, saya menggunakan diode 25 ampere beserta kabel-kabelnya.

5

Kabel - Jepitan Kabel - Diode

kabel jepitan diode

Umumnya menggunakan diode 25 ampere untuk kendaraan roda dua dari merk honda dan suzuki, untuk mengambil litsrik dari spool, diode itu terdiri dari 4 kaki. ada tanda + dan -, tanda + dan -, kita beri kabel sesuai kebutuhan, alangkah baiknya tidak usah disolder tetapi dijepit dengan jepitan kabel sehingga jadi rapi terus ditutup dengan selang polos kecil untuk menghindari kontak langsung antar jepitan jika secara tak sengaja melengkung, lihat gambar di atas, kedua kutub + dan - tadi kita sambungkan ke tabung yang sudah kita siapkan dimana ada pipa stainless steel yang sudah disekrup, terserah anda mau ambil mana yang plus dan minus di tabung, bisa sebelah kanan, bisa sebelah kiri. Masih ada 2 kaki untuk apa ? untuk kedua kaki yang tidak ada tandanya itu berarti anda bebas menentukan mana yang mau dijadikan ground ke chasis/body motor, kalo sebelah kiri ambil sebagai ground ke chasis/body motor maka sebelah kanan anda sambungkan dengan kabel spool. bebas menentukan sesuai kehendak anda. Jadi semua kaki di diode terpakai semua .

Selang L dan Selang Polos

selang L selang

Kita juga membutuhkan selang L dan selang polos kecil, selang L dipasang di bagian atas tabung, alias tempat untuk mengalirkan hidrogen ke mesin dan selang L satunya kita

6

pasang di motor, sekarang kedua selang tersebut kita sambungkan lagi dengan selang lain yang tahan panas. Sedang selang polos kita gunakan sebagai pelapis jepitan kabel dan juga berfungsi sebagai selang pernafasan di tabung. lihatlah gambar-gambar dibawah ini yang memperlihatkan dalam menempatkan selang L dan selang pernafasan:

pipa stainless

Di atas tutup tabung botol ada tempat untuk menaruh selang L trus kita sambung dengan selang lain. Sedangkan ada tanda panah itu merupakan tempat menaruh selang pernafasan, selang pernafasan di buatn untuk menghindari tekanan balik, karena jika motor kita hidup dengan kadang-kadang akan keluar air sedikit. kalo masih belum jelas bisa lihat diagram skema tentang pengambilan listrik spool beserta diodenya. Disitu juga diperlihatkan di mana letak selang pernafasan, dan selang pernafasan ini bisa menggunakan sedotan, lebih baik sedotan yang kaku. Dan selang L yang kedua kita taruh di filter karburator atau selang vacum, ke manipol juga, nempelnya seperti ini.

Nempel selang L

Perlu anda ketahui jika anda langsung menuju manipol, yang dimaksud manipol adalah pipa selang angsa yang terbuat dari logam, nah di manipol itu bisa kita lubangi dan diberi nipel sama sekrup, selang arahkan ke manipol tadi.

manipol

7

Selang Ke Manipol /Filter /Karburator / Karet Vacum

selang

Ini contoh selang yang dipergunakan untuk mengalirkan hidrogen ke mesin. Yang terakhir tidak kalah penting adalah air, gunakan air murni dan soda api.

ada banyak istilah yang membingungkan dengan soda api sama soda kue, soalnya ini hanya membantu proses elektrolisis, hasilnya saja yang mungkin berbeda, saya pribadi lebih suka menyebut kalium Hidroksida dari pada protasium hidroksida. Soda kue sendiri sering kali membuat air keruh,. Contoh soda kue

soda kue

Akhirnya lengkap sudah dan bisa kita pasang ke mesin motor atau kendaraan anda.

8



9

skema pada motor

10

Tabung yang digunakan dengan model lain tetapi pungsinya sama.

Tidak ada komentar: