Selasa, 24 Juni 2008

OMBAK SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK

Ombak dihasilkan oleh angin yang bertiup di permukaan laut. Sesungguhnya ombak merupakan sumber energi yang cukup besar, namun, untuk memanfaatkan energi yang terkandungnya tidaklah mudah; terlebih lagi mengubahnya menjadi listrik dalam jumlah yang memadai. Inilah sebabnya jumlah pembangkit listrik tenaga ombak yang ada di dunia sangat sedikit.
cara pembuatannya
Cara ini serupa seperti pembangkitan listrik secara hidro-elektrik yang terdapat di dam/waduk penampungan air sungai. Hanya saja, dam yang dibangun untuk memanfaatkan siklus pasang surut jauh lebih besar daripada dam air sungai pada umumnya. Dam ini biasanya dibangun di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai dengan air laut. Ketika ombak masuk atau keluar (terjadi pasang atau surut), air mengalir melalui terowongan yang terdapat di dam. Aliran masuk atau keluarnya ombak dapat dimanfaatkan untuk memutar turbin
Pembangkit listrik tenaga pasang surut (PLTPs) terbesar di dunia terdapat di muara sungai Rance di sebelah utara Perancis. Pembangkit listrik ini dibangun pada tahun 1966 dan berkapasitas 240 MW. PLTPs La Rance didesain dengan teknologi canggih dan beroperasi secara otomatis, sehingga hanya membutuhkan dua orang saja untuk pengoperasian pada akhir pekan dan malam hari. PLTPs terbesar kedua di dunia terletak di Annapolis, Nova Scotia, Kanada dengan kapasitas “hanya” 16 MW.
nah kapan dinegara kita yang sebagian wilayahnya terdapat lautan.dan ukuran ombak dari yang kecil sampai yang besar pun ada.pada dasarnya di negara kita bukan masalah sumber alamnya yang ga ada,tetapi kemampuan manusia yang tidak mau berfikir dan bekerja keras.
hanya ingin menikmati hasilnya tanpa memikirkan sebab dan akibatnya.
semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi generasi muda untuk memajukan Indonesia yang tercinta dan kara raya di lautan dan di darat.

Tidak ada komentar: