Rabu, 02 Juli 2008

Buah jarak untuk kemajuan desa

Indonesi benar-benar kaya baik dilautan maupun didarat,bahkan tumbuhan yang dapat menghasilakan Bahan bakar nabati (BBN) adalah semua bahan bakar yang berasal dari minyak nabati, dan dapat berupa biodiesel, bioetanol, bio-oil (minyak nabati murni).tumbuhan yang menhasilkan minyak nabati diantaranya:
Jarak Pagar,Kelapa, Kelapa Sawit, Rapeseed,Bunga Matahari, Minyak Tanah, Minyak Solar.
coba kita bahas salah satunya yaitu jarak pagar.
Jarak pagar kini telah menjadi salah satu program nasional Pemerintah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 5/2006 tentang kebijakan energi nasional dan Instruksi Presiden No. 1/2006 tentang penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati (biofuel) sebagai bahan bakar lain.
saya akan menerangkan proses pembuatan biji jarak.
Pengepresan mekanis merupakan suatu metoda ekstraksi yang dipandang ekonomis untuk biji jarak. Terdapat dua cara pada pengepresan mekanis yang umum dilakukan yaitu pengepresan hidrolik (hydraulic pressing) dan pengepresan berulir (screw press).
Metode pengepressan dengan menggunakan hydraulic pressing memiliki kelemahan dibandingkan dengan screw press yaitu proses tidak dapat dilakukan secara kontinyu, pengeluaran cake dari alat sulit, rendemen minyak yang dihasilkan lebih rendah, memerlukan energi lebih besar untuk menghasilkan tekanan yang besar, dan biaya operasional lebih besar dibandingkan dengan screw press karena diperlukan tambahan beberapa peralatan untuk perlakuan pendahuluan biji jarak sebelum di press,
itulah proses untuk menghasilkan minyak jarak,yang dapat digunakan untuk menjalan kendaraan ataupun untuk digunakan sebagai minyak untuk memasak.mudah-mudahan dapat bermafaat bagi yang ada di desa dan disana terdapat banyak pohon jarak.

"SELAMA KITA MAU BERFIKIR"
"PASTI ADA JALAN KELUAR DARI SETIAP MASALAH"

1 komentar:

ade rasjaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.